Kritik Atas Proses Belajar

Kritik Atas Proses Belajar

Oleh Prof. Dr. Ace Suryadi, M.Sc. Ph.D. (Guru Besar Ekonomi Pendidikan, UPI).
Disampaikan pada Seminar Internasional Pendidikan Luar Sekolah, yang diselenggarakan oleh Prodi PLS-SPS UPI, Bandung Tanggal 29 November 2010.

Pembangunan pendidikan yang ekspansif, belum menyentuh permasalahan keselarasan pendidikan secara terfokus. Keselarasan pendidikan sebagai salah satu kebijakan Mendiknas dalam prioritas tertinggi adalah sebuah keniscayaan. Kajian ini dilakukan oleh Tim gabungan Balitbang dengan Universitas Pendidikan Indonesia, melalui Pusat Kajian Pendidikan dan Pengembangan SDM yang dipimpin oleh Prof. Ace Suryadi, M.Sc. Ph.D. Tim ini bekerja 8 bulan melalui, pengumpulan data statistik, Kelompok Diskusi Terfokus (FGD) dengan para praktisi dari lima daerah, analisis data, serta diskusi dengan para ahli telah melahirkan konsep laporan lengkap dan naskah ini adalah ringkasan eksekutif dari laporan kajian tersebut.

Indonesia dewasa ini mengalami berbagai perubahan menuju industri yang dibarengi oleh berbagai transformasi jenis pekerjaan dan kualifikasi jabatan. Perubahan menuju industri ini mendorong perubahan dalam jenis dan tingkatan pengetahuan, kecakapan dan keahlian, yang dibutuhkan oleh sektor-sektor industri. Struktur jabatan dan pekerjaan turut mengalami perubahan dan hal ini ditentukan oleh kebijakan pemerintah dalam investasi, pendayagunaan teknologi tepat guna, sistem pengupahan, manajemen usaha, serta antisipasi fluktuasi pasar barang dan jasa baik nasional maupun global.

Proses industrialisasi menurunkan kesempatan kerja pada sektor pertanian dan perlahan-lahan berganti dengan kesempatan kerja di sektor manufaktur. Pada tahap berikut, industri berteknologi tinggi akan berkembang yang berakibat pada menurunnya lapangan kerja subsistensi. Selengkapnya klik tautan berikut ini ....

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama