Poster Sosial Karya Siswa

Poster Sosial Karya Siswa

Poster sosial karya siswa ini berangkat dari tugas terstruktur mata pelajaran sosiologi kelas XI IPS semester dua. Poster sosial ini diawali dari hasil searching anak-anak terhadap masalah-masalah sosial yang pernah di muat di media massa khususnya media cetak harian umum atau koran. Langkah ini bertujuan untuk membangun keterampilan siswa dalam mencari sumber belajar yang ada di masyarakat.

baca juga: literasi foto dan video 

Selanjutnya, laporan masalah sosial yang ada di harian umum/koran tersebut dibuat kliping. Usai membuat kliping, langkah berikutnya yaitu menganalisis isi kliping dengan beberapa point. Point-point penting yang perlu tekankan dalam analisis kliping tersebut diantaranya; latar belakang munculnya masalah sosial, penyebab masalah sosial, proses terjadinya masalah sosial, aktor-aktor yang terlibat, dampak terjadinya masalah sosial, ramalan masalah sosial, dan solusi terhadap masalah sosial.

Pascaanalisis kling sosial dengan penekanan pada point-point penting diatas, selanjutnya siswa menyusun konsep solusi untuk mengurangi terjadinya masalah sosial. Solusi siswa diharapkan menggunakan pendekatan fungsional.

Setelah model solusi diselesaikan, langkah selanjutnya adalah memproduksi konsep solusi. Produk solusi ditekankan telah dalam bentuk soft copy. Dengan bentuk file tersebut, produk siswa dapat dishare di media sosial. Dengan dishare di social media, diharapkan tujuan dari solusi masalah-masalah sosial ini terbantukan. Selain itu, para siswa diharapkan telah menjadi industri pemasok isi pada media sosial, yang selama ini hanya sebagai pengguna/konsumen saja.

Semoga pendekatan pembelajaran dengan menggunakanan poster sosial karya siswa ini, siswa semakin dapat mengembangkan kreativitasnya, dan kreativitas itu digunakan sebesar-besarnya untuk kemajuan negawa Indonesia. Tentu pendekatan ini terdapat kelebahan dan kekurangannya, dengan demikian, kami mohon masukan kritik dan saran yang bersifat membangun.

Berikut ini merupakan produk poster masalah sosial.



























Poster sosial ini digunakan untuk kepentingan pembelajaran. Terimakasih. 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama