Proposal Kegiatan Rumah Baca Pamotan Tahun 2015

Proposal Kegiatan Rumah Baca Pamotan Tahun 2015

A.    DASAR PEMIKIRAN



Membaca, menulis, dan cinta lingkungan merupakan tindakan nyata dalam menyiapkan generasi muda sebagai agen perubahan bangsa. Dengan membaca, generasi muda mampu mengenali dan memahami ilmu pengetahun. Dengan menulis, menjadi media untuk mengembangkan kecerdasan dan keterampilan anak bangsa. Dan dengan cinta lingkungan, generasi muda dapat mengabdikan dirinya untuk kepentingan bangsa dan negaranya. Berdasarkan gagasan tersebut, Rumah Baca Pamotan memiliki visi dan misi “Terdepan Dalam Membaca, Menulis, Dan Cinta Lingkungan”.

Dengan semangat pendidik, pada tahun 2015 Rumah Baca Pamotan memiliki beragam rencana kegiatan dalam rangka mewujudkan visi dan misi di atas. Beberapa rencana kegiatan tersebut diantaranya; Sewa Tempat untuk Rumah Baca, Pengadaan Buku, Pengadaan Komputer dan Internet, Pengadaan Mebeler, Alat Tulis Kantor (ATK) dan Printer, Belajar Kelompok, Pelatihan Jurnalistik, Cetak Majalah Komunitas, Cetak Buku Komunitas, Pengelolaan Website Komunitas, Diskusi Umum, Layanan Peminjaman, Perpustakaan Keliling (Pusling), Santunan Anak Yatim, Penangkaran Bibit Rakyat, Penanaman Pohon, Bersih Sungai, Pentas Seni dan Budaya, dan Pengadaan Unit Usaha. 

Berdasarkan pengalaman kegiatan sebelumnya, tahun 2013 dan tahun 2014, kami mengakui bahwa tidak cukup hanya dengan iuran anggota serta relawan Rumah Baca Pamotan dalam membiayai kegiatan di Rumah Baca Pamotan. Kami mengundang para anggota masyarakat, tokoh masyarakat, pengusaha, politisi, pendidik, pemuda, pegawai, pekerja sosial, hingga pemerintah untuk membantu kami agar kegiatan Rumah Baca Pamotan terlaksana.  Berikut terlampir rincian dana kegiatan yang kami butuhkan dalam tahun 2015. 

B .   LANDASAN KEGIATAN

Landasan kegiatan Proposal Kegiatan Rumah Baca Pamotan tahun 2015 adalah sebagai berikut;
     1.      Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007
2.      Kepmendagri No. 03 Tahun 2001 Tentang Perpusatakaan Desa/Keluarahan Instruksi Mendagri No. 28 Th 1984
3.      Perpustakaan Nasional RI tentang Pedoman Penyelenggaaran Perpustakaan Desa Tahun 2000
4.      Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Rumah Baca Pamotan Tahun 2013
5.      Surat Keputusan Kepala Desa Pamotan Nomor 023/SKKD/XI/2014 tentang pengukuhan Kepengurusan Rumah Baca Pamotan
6.      Akta Pendirian Rumah Baca Pamotan dengan Notaris Holifia Sajad, S.H. M.Kn. tertanggal 04 November 2014 Nomor 25
7.      Program Kerja Rumah Baca Pamotan Tahun 2015

C.    TUJUAN KEGIATAN

Tujuan dari kegiatan Proposal Kegiatan Rumah Baca Pamotan tahun 2015 adalah untuk mewujudkan terlaksananya kegiatan di Rumah Baca Pamotan. Dengan demikian secara teknis, tujuan dari kegiatan Rumah Baca Pamotan yaitu agar terwujudnya kegiatan Sewa Tempat untuk Rumah Baca, Pengadaan Buku, Pengadaan Komputer dan Internet, Pengadaan Mebeler, Alat Tulis Kantor (ATK) dan Printer, Belajar Kelompok, Pelatihan Jurnalistik, Cetak Majalah Komunitas, Cetak Buku Komunitas, Pengelolaan Website Komunitas, Diskusi Umum, Layanan Peminjaman, Perpustakaan Keliling (Pusling), Santunan Anak Yatim, Penangkaran Bibit Rakyat, Penanaman Pohon, Bersih Sungai, Pentas Seni dan Budaya, hingga terwujudnya kegiatan Pengadaan Unit Usaha. 

 D.   MANFAAT KEGIATAN

Manfaat dari kegiatan Proposal Kegiatan Rumah Baca Pamotan tahun 2015 meliputi dua hal. Pertama, Rumah Baca Pamotan menjadi pusat pendidikan non-formal masyarakat umum. Kedua, Rumah Baca Pamotan menjadi agen dari perubahan sosial dalam rangka mewujudkan kehidupan yang penuh dengan cinta dan damai. 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama