Memaknai Etnopedagogi sebagai Landasan Pendidikan Guru

Memaknai Etnopedagogi sebagai Landasan Pendidikan Guru

Oleh Tatang Suratno
Indonesia University of Education at Serang Campus,
Dept. of Primary School Teacher Education

Ilustrasi lepas untuk  tulisan
Dalam tulisan ini, penulis bermaksud menstimulasi dan memperkaya pembahasan
mengenai tema ‘Pendidikan guru untuk membangun karakter dan budaya bangsa’
melalui kajian kritis terhadap ide Etnopedagogi sebagai landasan pendidikan guru di
Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Melalui pendekatan analisis wacana terhadap
dua literatur kunci (Alwasilah et al., 2009; Kartadinata, 2010) dan forum diskusi
Etnopedagogi, penulis mengidentifikasi perhatian, asumsi, konsepsi dan nuansa yang
melatarbelakangi ide Etnopedagogi di UPI. Selain itu, melalui perspektif sosiologi
pendidikan (Lingard, 2010), penulis mencoba memetakan posisi Etnopedagogi dalam
khasanah ilmu pendidikan serta menyediakan contoh implementasi Etnopedagogi dalam
konteks pendidikan guru di Jepang (Shimahara & Sakai, 1998). Berdasarkan hal itu,
penulis mengidentifikasi prinsip Etnopedagogi dalam pendidikan guru yang menekankan
pada bagaimana membangun relasi insani yang luhur antara pendidik dengan peserta
didik dalam mewariskan nilai-nilai budaya. Untuk memberikan gambaran bagaimana
prinsip Etnopedagogi dikembangkan, penulis membahasnya melalui analisis terhadap
kegiatan Lesson Study sebagai pendekatan pendidikan guru dalam jabatan yang kini
sedang berkembang di UPI (Suratno, 2009a; 2009b; Suratno & Cock, 2009). Melalui
pembahasan contoh tersebut diidentifikasi aspek-aspek substansial dari pendidikan guru
yang mencerminkan hakikat dari Etnopedagogi dan hakikat dari nilai budaya pendidikan
masyarakat Sunda, yaitu silih asah, silih asuh, silih asih. Aspek substansial tersebut
diperoleh melalui analisis terhadap proses berpikir dan refleksi guru terhadap interaksi
pedagogis di dalam kelas yang terekam selama kegiatan Lesson Study. Berdasarkan
keseluruhan analisis dan refleksi terhadap praktik pendidikan guru di Indonesia, penulis
mengajukan framework Etnopedagogi sebagai landasan pendidikan dan pengembangan
guru yang memiliki tujuan utama membangun karakter dan budaya bangsa.

Selengkapnya silahkan klik tautan berikut ini ...  

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama