Umur Menjadi Pembeda Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anaknya

Umur Menjadi Pembeda Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anaknya

Oleh: Amna Nabila / amnanabila12@gmail.com
(Siswa SMA Negeri 1 Pamotan)


Alhamdulillahdengan rahmat Tuhan yang Maha Esa,makalah ini dapat saya selesaikan dengan baik dan lancar.adapun makalah ini saya tulis hanya semata-matauntuk lebih memberikaninformasi tentang pengasuhan anak,serta untuk bisa membedakan antara pola asuh keluarga 1 dan yang lainnya.dan memberikan karakter kepada anak,supaya anak bisa mengenal dirinya lebih dalam sebelum mengenal orang lain.
Dalam mengetahui pola asuh orang tua kepada anaknya,saya melakukan pengamatan kepada keluarga yang bersangkutan,yang memberikan informasi,dan pelajaran tentang pengasuhan,pengarahan anak dalam berbagai bentuk,arah,aspek,maupun dalamperatuhan pengasuhan umum.
 Selain pengamatan,cepat tanggap kepada setiap tingkah laku anak dan orang tua,saya sertakan bukti berupa foto yang menjadi cara pengamatan saya untuk bisa memberikan info serta pembuktian dalam penulisan makalah ini.
Makalah ini saya tulis dengan penuh rasa bangga dan senang dalam melakukan suatu pemahaman tentang pola asuh orang tua kepada anaknya,yang menjadi pemikiran saya atau pokok penting pengamatan saya yaitu cara orang tua mengenalkan kasih sayang,cara orang tua mengenalkan jenis kelamin anaknya,cara orang tua mengenalkan anggota keluarganya,cara orang tua mengenalkan konsep kebersihan,cara orang tua mengenalkan benda-benda berbahaya (pisau,listrik,api),cara orang tua mengenalkan konsep kesehatan,cara orang tua mengenalkan agamanya yang dianut.
 Kesungguhan dalam pembuatan makalah ini sangatlah berperan penting,unggul untuk dapat menyelesaikan sebuah persoalan,dimana persoalan itu berperan penting dalampenentuan sebuah nilai yang maksimal dan memuaskan.

Orang tua biasa halnya dengan mencium anaknya  yang masih imut dan lucu,biasa dilaskukan dengan mencium pipi kanan , pipi kiri, dan dahi anaknya,itu dilakukan hanya karena gemes dan memang bukti umum kesenangan dan kasih sayang orang tua dan anaknya.Adapun dari pengamatan saya dari satu keluarga dengan keluarga lain hampir sama,ini bukti dari kasih sayang orang tua terhadap anaknya.
Jika anaknya masih berusia kurang dari2 tahun ,biasanya masih perlu gendongan orang tuanya,terutma ibunya,tetapi jika lebih dari 2 tahun ,anaknya sudah diajari untuk mandiri berjalan,berjalan merupakan proses untuk bisa lebih lancar dalam berjalan ,sehingga cepat untuk bisa berlari.Cara berjalan anak kurang dari 2 tahun yaiti dengan merangkak ditanah atau andhan-andhan di tempat yang sekiranya kuat.Tetapi jika anak lebih dari 2 tahun ia dapat langsung berjalan pelan ataupun ia sudah berlari kesana kemari.
Dalam mengisi perut yang mungil dan lucu itu, biasanya atau umumnya anak masih dilaat kukan penyuapan, penyuapan itu dilakukan ada berbagai cara orang tua menyuapinya,salahsatunya anak perlu paksaan untuk bisa memasukkan sesendok nasi kemulut anak jika anak itu masih rewel,ada juga yang minta makan dengan halus yaitu ketika nasi dimakan anak sudah habis,ibunya segera memberi makan dengan kegiatan selingan atau membiarkan anaknya bermain untuk bisa mudah memberi makan anaknya,jika tidak seperti itu,maka anaknya digendoong untuk lebih mudah menyuapinya.Tetapi jika lebih dari 3 tahun anaknya disuruh makan sendiri.
Ketika anak tidur biasanya 2 kali sehari,yaitu ketika siang hari,maksimalnya 15.00-an dan malam hari 20.00-an .Pola cara tidur dari satu keluarga hampir sama,seperti di nina bobokkan di kamar,atau yang mempunyai fasilitas tempat dorongan,itu cara yang cepat untuk segera menidurkan anak.Selain penempatan dalam tidur,arahan atau iringan lagu nina bobo juga mempengaruhi cara menidurkan anak atau membacakan dongeng.Tentunya di alam ini banyak hewan yang berkeliaran yang senang dengan darah,contohnya nyamuk,tungau dll.Tetapi hewan itu selalu diperhatika orang tua dalam kenyamanan anaknya,biasanya anak dilindungi obat nyamuk yang dipasang orang tua khusus melindungi dan memberi kenyamanan tidur si anak ,selain itu obat nyamuk seperti lavenda,vape,hits bisa mencegah hewan seperti itu,tetapi jika menghilangkan tungau dengan pemberian kapur ajaib di tempat tidur.
Dalam hal pemberian hadiah orang tua kepada anaknya rata-rata pada waktu tertentu yaitu ketika ada acara-acara penting atau khusus dalam suatu wilayah seperti sedekah bumi,khol-an dan ulang tahun,ataupun selain di acara penting contohnya orang tua membelikan anaknya mainan di pasar ,mol,matahari,distro maupun toko-toko yang lain.
Cara dalam mengajarkan nyanyian terhadap anaknya itu berbeda-beda usia sangatlah berbeda,cenderung orang tua mengenalkannya suara nyanyian melalui CD maupun radio yang isinya tentang khusus lagu anak ,tetapi ada juga menggunakan teknik menyanyi bersama agar anaknya meniru  nyanyian orang tuanya.Tetapi jika pengenalan nyanyian itu pada usia lebih dari 2 tahun itu menggunakan radio atau HP dam MP3 player,karena mereka sudah bisa menghafalkan,membedakan,menyanyikan lagu tersebut dengan mudah dan cepat.Namun efek dari alat elektronik tersebut sangat jelas,contohnya anak-anak zaman sekarang umur lebih 4-6 tahun sudah mahir nyanyi pop,tetapi disuruh nyanyi lagu kebangsaan katanya”saya lupa,saya tidak hafal untuk menyanyikan  lagu tersebut,bahkan kadang tidak mengetahui atau tidak mengenal itu sama sekali” karena mereka pada dasarnya polos,dan orang tuanya yang tidak mengajarkan anaknya terhadap hal yang baik padahal anak ynag berumur 4-5 tahun mudah untuk diberi tahu,sehingga mereka mudah menerima apa yang di dengar ataupun yang di lihat, itu kesalahan orang tua tidak memberi ajaran yang bagus pada anaknya.
Orang tua biasa dengan memberi nama terhadap anaknya dengan nama yang sejenis dengan jenis kelaminnya,terhadap jenis kelaminnya dan artinya yang baik dan bangus untuk panggilan si anak tersebut,cara orang tua menandai artinya anaknya hampir sama,yaitu menulis di kertas besar  maupun menggunakan cetakan modern ,kemudian tulisan nama anaknya tersebut di pajang ketika anaknya sudah berumur satu bulan ,hingga anaknya besar,ada juga baru umur 2-3 tahun sudah di copot,karena menurut pengamatan saya dan kefaktaan,orang tua takut jika tanggal lahir anaknya diketahui oleh orang yang nakal ,kelak nantinya.
Sewajarnya anak di bawah 7 tahun itu yang suka bermain.permainan anak laki-laki dan perempuan berbeda,karena orangtua mengerti untukbisa mengenalkan kepada anaknya  bahwa dia laki-laki  atau  perempuannya  ,biasanya jika anak laki-laki permainannya berupa mobil-mobilan ggame online ,sapi-sapian dan sebagainya yang menurut orang tua itu tidak keperempuan,berbeda dengan anak perempuan orang tua biasa memberi anaknya dengan boneka dan barby doll.
Dari segi kepakaian antara anak perempuan dan anak  laki-laki sangat berbeda.Anak perempuan biasa dengan memakai rok atau gaun  dan pakaian yang sepantasnya untuk anak perempuan.Tetapi jika anak laki-laki itu cenderung dengan baju biasa atau kaos ,celana biasa jeans ,itu perbedaannya ,bagi laki-laki sangat simple   tetapi jika anak perempuan sangat rewel tapi enak untuk dilihat.
Tempat tidur anak di desa dan di kota sangm at berbeda,jika anak di desa mereka masih tidur dengan orang tuanya ,masih menggunakan satu kamar dengan orang tuanya,dengan pelengkap selambu  yang dapat melindungi anaknya tersebut dari berbagai gigitan nyamuk dan menggunakan obat nyamuk berupa semprot contoh vape. Bentu k kamarnya di desais dengan apa yang diminta oleh anak seperti, jika anak laki laki dengan mendesains kamar dengan gambar mobil,motor, jika anak perempuan dengan mendesain kamar dengan banyak gambar bunga,  boneka dll.
Dengan cara memberi pengetahuan bahwa perilaku itu saru atau tidak baik, dengan cara orang tua memberi tahu itu saru, tidak boleh dilihat. Agar kita lebih sopan dam hal apapun.
Pada saat orang tua mengenalkan pada pada anaknya pada umur 2 tahun. Karna pada saat itu anak pemikiran anak sudah berkembang dan sangat mengerti saat diperintah oleh orang tuanya, jika tidak tahu biasanya anak itu malu, tetapi saat kita dekati lama lama kelamaan akan  mendekat sendiri, saat dekat itu biasanya anak bisa berkenala dengan ucapa(kamu siapa). Baru kita memberitahu siapa nama kita dan jati diri kita bah kita adalah seorang ayah dan ibu kamu.
Dengan cara kita mengenalkan nama siapa kakak dan adik dia. Yaitu kita saling mendekatkan mereka. Dengan disuruh perkenalan bermain bersama, tetapi biasanya banyak yang (malu) itulah cewek dan cowok jaman sekarang, padahal saudara kita,tetapi tetap saja cuek, makny anak jaman sekarang gengsi disuruh perkenalan.
Kita mengenalkan anak kepada kakek dan neneknya pada saat kecil yang berumur 2-3 tahun. Dengan cara mengasih tahu itu adalah kakek dan nenek kamu, yang telah melahirkan mamah/papah yang menyayangi,menggendong,memberi asi,memberi pengetahun dengan menyekolahkan mamah/papah, atau dengan cara mendekatkan kepada sang kakek dan nenek yaitu menyuruh tinggal bersama kakek dan nenek.
Ketika ank buang air kecil dengan ditanya pada sesudah tidur yang biasanya umur 3-4. Kalau anak yang berumur 2 tahun ya, masih menggunakan pempes tetapi kalau jaman dulu dengan mengetahui sifat,perilaku pada saat mau pipis. Kebanyakan anak jaman sekarang 3-4 tahun sudah bisa pipis sendiri dikamar mandi, kalau anak yang berumur 2 masih dalam rawatan orang tua.
Dengan cara mengajak anak di kamarmandi yang khusus untuk toilet buang air besar, tetapi kalau jaman dulu dengan disuruh buang air besar dikali,ditanah.tetapi sekarang tidak dengan cara mengajak anak di toilet sudah bisa kalau bangi yang punya.
Biasanya orang tua memandikan anaknya 2 kali sehari pada saat pagi dan sore. Biasany kalau nak yang berumur1-3 itu masih meminta untuk dimandikan orang tua kalau4 sampai seterusnya dengan cara mandi sendiri.
Biasanya anak ganti pakaian 2 kali sehari yaitu pada  pagi dan sore, orang tua mengganti pakaian dengan pakian yang bersih,harun dan sudah disetrika. Pada umur 1-4  tahuh anak saat ganti baju dengan masih dalam bimbingan orang tua, saat5tahun seterusnya anak sudah bisa ganti baju sendiri.
Anak diberikan materi atau pandidikan pada saat dirumah atau dengan cara memebantu orang tuaitu ada  prosesnya. Pada saat anak berumur 5-6 tahun yang perempuan biasanya mau diajak orang tua menyuci apdan manypu lantai kapan dan tempat mana yang harus dibersihkan kalu anak laki laki cenderung tidak mau atau masa bodoh karna laki laki sewajarnya bermain dengan teman teman tidak tidak mengurus pekerjaan rumah tapi melainkan wanita yang bekerja dirumah sedangkan laki laki bekerja dan mendapat uang banyak, sebab hal itu sudah ditanamkan dilingkungan kita.
Bisanya nak bermain itu sampai 12jam bagi umur1-3tahun kalau 4 seterusnya itu sesudah sekolah pagi dan madrasah siang jadi peluang untuk bermain sangat sempit Cuma sampai 4-6 jam kalu pada saat hari libur anak anak biasanya memiliki kesempatan untuk bermain 12 jam lebih,jika anak berumur1-2 tahun hanya boleh bermain di sekitar rumah tetapi kalau3-11 tahun itu dirumah rumah tetangga tetapi kalau sudah12 tahun itu bebas kalau laki laki, perempuan ya harus dibatasi tidak boleh keluar kalau tidak ada hl yang penting tetapi kalu wanita/cewek yang nakal dikasih tahu orang yang lebih tua tidak didengar itu akan memperoleh akibat yang lebih menyedihkan.
Orang tua mengenalkan pisau,api dan listri pada umur4-5 tahun karuna penalaran anak sudah hidup pada waktu tersebut/sudah mengerti. Saat mengenalkan pisau pada waktu kita memasak didapur, api itu pada saat anak sudah berumua5 tahun sedangkan orang tua dalam mengenalkan anak listrik pada saat umur7tahun, ya pada saat kita menghidupkan lampu dirumah.
Orang tua mengenalkan psau,api dan listrik dengan cara anak disuruh membantu orang tua di dapur, itu akan terjadi tanya jawab, contoh anak berbicara ini apa mah? Kita jawab kalau ini pisau, ini berbahaya bagi kamu karna kalau sampai tergores tangan kamu,tangan kamu akan berdarah. Sedangkan api kalau terkena kulitkamu akam melepuh dan panas terkena kulit kamu sehingga kamu dapat bermain dengan api atau api akan menjadi sahabat kamu memasak itu kalau kamu sedah besar,listrik ini berbahaya bagikamu karna ini tegangan yang sangat tinggi kalau kamu sampai kesetrum itu akan membahayakan kamu.
Jika anak terkena benda berbahaya seperti pisau kita pasti akan memberikan revanol untuk membersihkan luka lalu diberi bitadin dan selanjut diberplester agar dapat melindungi luka dari kuman,air dan terkena benda lainnya yang bersifa dapat membahayakan luka tersebut yaitu dengan membelikan obat penurun panas atau dikompres diatas dahinya dan kalau panas tidak turun kita bisa membawa anak kita kedokter untuk diperiksa apakah demam biasa atau yang membahayakan bagi tubuh kita dan dengan membelikan obat batuk dari apotek kalau batuknya sampai mengeluarkan darah kita harus membawa anak tersebut kerumah sakit agar ditangani dokter dengan baik dan cepat sembuh dan dapat bisa beraktifitas dalam keseharian dengan
Dengan dikompres agar panas san anak reda jika tidak reda dibawa kerumah sakit, jika anak tidak mau dibawa kedokter harus dengan memberikan obat herbalyang dapat menurunkan demam sang anak.
Biasanya seseorang anak yang tidak suka dengan obat, ibu memuk berika sebuah obat yang terbuat dari  kecap yang dicampur dengan jeruk nipis yang diperas. Agarbatuk anak tersebut tidak tambah parah dan agar cepat sembuh, itu yang dimaksut dengan kasih ibu
Anak biasanya menyukai tanaman jadi seorang ibu memberikan tanaman juga bisa digunakan untuk masak seper kunyit,kencur,kunci,temukawak dan lain lain. Itu tersebut untuk digunakan seorang anak yang sedang sakit yang biasanya tidak suka dengan obat apotek.
Tanaman yang ada dalam halaman rumah saya yaitu ada kunyit, temu lawak,laos,kunci,kencur. Dan masing masing tesebut memiliki fungsi yang berbeda dan bentuk yang berbeda.dan mananam tanaman tersebut juga semata mata untuk sang anak yang lagi sakit atau yang tidak suka dengan obat obat yang mengandung kimia.
Saat anak mengenalkan dukun pijat saat berui, mur lebih dari satu tahun, karna anak yang biasanya sering sakit dipijat agar tubuh sang anak merasa baik dan tidak sakit lagi dan peredaran darah menjadi normal lagi. Orang tua harus mengenalkan dukun pijat agar mengerti fungsi dan kebakatan dalam memicat orang karna perlu teknik.
Mengngenalkan konsep pahala dan dosa itu yang harus kita cerminkan kepada anak kita, kita dapat mengasih tahu kepada ank bahwa itu dosa atau pahala kita harus harus melihat perilaku yang ada dimasyarakat jika perilaku itu baik kita memberikan pujian contoh, baik nak itu yang menjadi penolong kamu di akhirat atau yang disebut pahala, jika salah kita harus memberi tahu kepada anak kita contoh, itu salah nak yang benar kita harus menghormati orang tua dan kita tidak boeh mengejek orang lain karna itu dosa kilak kalau kamu terus begini kamu akan masuk neraka. Itu yang bisa dilakukan kepada anak yaitu dengan nasehat yang baik dan tidak kasar agar anak nurut dan tidak membangkang saat disuruh.
Orang tua dlam mengenalkan konsep neraka itu biasanya dengan memberikan pendidikan dimadarasah agar dapat mengetahui anatara surga dan neraka contoh, saat anak melakukan kesalahan kita menasihati dengan( kalau kamu melakukan hal yang menyakitkan orang lain kamu akan masuk keneraka) jika kamu baik dengan orang lain kamu akan masuk ke surga.
Dengan cara kita melakukan atau mengajak anak kita solat pada waktu tersebut dan kita memberi pengetahuan do’a solat, solat apa saja yang harus kita ker jakan contoh, dhuhur pada waktu jam12.00 sampai jam 02.00, ashar pada jam03.00 sampai jam 04.00,magrib jam 06.00, ishak jam 07.00 sampai jam 03.00 malam,subuh jam 04.00 sampai terdapat mega merah. Lalu solat yang bisa kita beritahukan kepada anak solat sunah seperti dhuha,tahajud,khajat dll.
Anak belajar kitab suci bisa dirumah,masjid,mushola, anak bisa mengaji al qur’an harus dengan seseorang mengenal tajwid,hukum bacaan,mad,lafad. Kalau biasanya keponakan saya mengaji di tutun oleh orang tua sendiri,pak ustad,mbah kyai dll. Atau dengan kita menyuruh anak kita sekolah dimadarasyah agar mengetahui bacaan al qur’an dengan benar.
Dengan dibelikan sebuah buku do’a tuntunan solat atau do’a yang lainnya, dengan cara kita mengajari anak kita belajar do’a tersebut contoh, do’a masuk wc,do’a makan do’a makan dll.

Do’a yang harus dihafalkan anak seper do’a bangun tidur, do’a makan, do’a mandi.do’a masuk wc itu yang harus kita ajarkan kepada anak anak yaitu pada saat kita melihat orang yang meminta minta kepada kita,kita harus memberi dengan itu anak kita akan meniru perilaku kita yang positif seperti sedekah, memberi sesuatu kepada anak piatu/yatim,memberi orang yang tidak punya. Memberi orang yang sudah tua yaitu sudah tidak mempunyai sanak keluarga ataupun kerabat kerabat yang lain.



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama