Pola Asuh

Pola Asuh

Oleh: Milania Linatussuraya
(Siswa SMA Negeri 1 Pamotan)

Dengan melakukan pengamatan ini kita dapat mengetahui beberapa cara orang tua dalam mengenalkan kasih sayang, kebersihan, benda-benda berbahaya, kesehatan, dan agama kepada anaknya. Laporan ini merupakan hasil dari mengamati orang-orang sekitar.

Beberapa hal yang diperhatikan orang tua dalam mengasuh anaknya.

CARA ORANG TUA MENGENALKAN KASIH SAYANG
          Cara orang tua mengenalkan kasih sayang kepada anaknya dengan cara mencium kening anaknya. Mencium kening anaknya melambangkan rasa sayang orang tua dan kepedulian orang tua kepada anaknya. Orang tua menggendong anaknya dengan menggunakan beberapa cara sesuai denga umur sang anak.Ada yang mendudukan anaknya dipangkuan, menggendong dipungguna dan masih banyak lagi. Menggendong anak merupakan salah satu cara orang tua dalam mempererat ikatan batin antara orang tua dan anak.
          Saat oaring tua menunjukan kasih sayang kepada anaknya saat menyuapai anaknya dengan cara meniup makanan yang masih panas. Pada saat orang tua menidurkan anaknya, kasih sayang yang ditunjukkan adalah mengelus rambut anaknya agar segera tertidur lelap. Supaya tidak digigit nyamuk, orang tua memesangkan selembu atau mengolesi tubuh sang anak dengan obat anti nyamuk seperti autan atau yang lainnya.Pada saat anak ulang tahun dan melakukan sesuatu yang membanggakan, orang tua sebaiknya memberikan hadiah kepada sang anak seperti mainan alat gambal atau hal-hal yang disukai oleh anak agar anak merasa bahagia dan lebih bersemangat. Mengenalkan nyanyian kepada anak sejak kecil dengan cara menyanyikan lagu anak-anak dan menyuruh sang anak untuk menirukan.

CARA ORANG TUA MENGENAKAN JENIS KELAMIN
          Orang tua memberi nama kepada anak sesuai dengan jenis kelaminnya. Jika anak laki-laki diberi nama seperti: Bagas, Bagus, dan lain-lain. Jika anak perempuan diberi nama seperti: Ana, Ani, dan lain-lain. Jika anak laki-laki diberi mainan mobil-mobilan. Jika anak perempuan diberi mainan boneka. Jenis pakaian yang diberikan kepada anak laki-laki seperti kemeja, kaos, celana dengan warna-warna khas anak laki-laki. Sedangkan anak perempuan diberi pakaian seperti kemeja, kaos, rok, hijab dan lain-lain. Jenis dekorasi kamar yang diberikan kepada anak laki-laki temanya mobil-mobilan atau yang lainnya. Sedangkan anak perempuan diberi temayang manis seperti hello kitty. Jika anak keluar rumah atau bermain diluar rumah oaring tua harus menyuruh anaknya mengenakan pakaian yang sopan.

Gambar. Cara orang tua mengenalkan jenis mainan
degan jenis kelaminnya (Sumber: Foto Milania Linatussuraya, tahun 2015) 

CARA ORANG TUA MENGENALKAN ANGGOTA KELUARGA
          Orang tua mengenalkan anggota keluarga kepada anaknya sejak kecil sehingga bila suatu saat anak bertemu dengan anggota keluarga yang lainnya anak dapat mengenalinya. Separti menunjukan bahwa yang lebih tua darinya adalah kakak dan yang lebih muda darinya adalah adiknya. Orang tua juga harus menunjukkan kepada anaknya siapa neneknya dan siapa kakeknya sehingga anak tidak merasa asing bila bertemu dengan kakek neneknya.

CARA ORANG TUA MENGENALKAN KONSEP KEBERSIHAN KEPADA ANAK
          Bila anak ingin buang air kecil atau buang air besar orang tua mengajak anaknya ke kamar mandi atau wc. Minimal orang tua memandikan anaknaya 2 kali sehari, yaitu pagi dan sore. Setelah mandi orang tua mengganti pakaian anaknya, mengajarkan anaknya bagaimana menggunakan pakaian yang bener dan urut. Jika anak sudah mulai besar orang tua mulai mengajak anaknya mencuci pakaian, menyapu lantai bersama. Orang tua mengizinkan anaknya bermain setelah anaknya selesai mengerjakan tugas-tugas sekolahnya dan setelah mereka makan. Anak boleh bermain disekitar rumah agar aman, anak tidah diperbolehkan bermain di jalan raya karena membahayakan diri anak.

CARA ORANG TUA MENGENALKAN BENDA-BENDA BERBAHAYA KEPADA ANAKNYA
          Sejak kecil orang tua harus sudah mengenalkan benda-benda berbahaya kepada anaknya. Orang tua menunjukan bahaya pisau, api, dan listrik kepada anaknya. Menunjukan bahwa pisau itu tajam, dapat melukai tubuh, menjukan bahwa api dapat membakar sesuatu termasuk diri sendiri  sehingga menimbulkan kebakaran, menunjukan bahwa listrik dapat menyengat yang membuat kesetrum. Seharusnya orang tua menjauhkan anak dari hal-hal semacam itu dengan cara meletakkan itu ditempat yang tidak terjangkau oleh anak. Jika anak terluka orang tua harus segera tanggap dengan cara mengobati anaknya pertama dengan mencuci luka sang anak kemudian member obat merah agar tidak terinfeksi.

CARA ORANG TUA MENGENALKAN KONSEP KESEHATAN KEPADA ANKNYA
          Jika anaknya demam, batuk atau yang lainnya, oaring tua harus segera tanggap dengan cara memeriksakan anaknya kedokter. Cara menurunkan demam anak mengompres anak agar demamnya turun dan anak merasa lebih baik. Cara meredakan batuk pada anak dengan cara memberikan obat batuk kepada anak. Obat-obatan yang biasanya disediakan orang tua di rumah: obat demam, obat batuk, obat sakit gigi, obat diare, dan lain-lain. Tanaman obat yang biasanya ditanam dihalaman rumah seperti pohon petai untuk meredakan rasa sakit saat anak terjatuh. Sejak kecil dikenalkan kedukun pijat.

CARA ORANG TUA MENGENALKAN AGAMA KEPADA ANAKNYA

          Sejak kecil orang tua harus sudah mengenalkan agama kepada anaknya. Menunjukan siapa Tuhannya. Bila beragama islam Tuhannya adalah Allah. Caranya dengan mengajak anaknya solat berdo’a kepa Allah. Orang tua harus menunjukan mana hal yang mendapat pahala dan mana yang dosa. Contohnya: mengaji akan mendapatka pahala, mencuri akan mendapatkan dosa. Orang tua juga harus mengenalkan tentang surge dan neraka kepada anak, denagan cara selalu menaati perintah Allah akan masuk surge dan bila melakukan larangan Allah akan masuk neraka. Dalam mengajarkan solat kepada anaknya hal dasar yang harus dilakukan orang tua kepada anaknya adalah mengajak anak bagaimana cara berwudlu dulu. Kemudian urutan-urutan solat, lalu bacaan-bacaan yang harus dibaca. Bila anak akan belajar kitab suci dengan seorang ustad atau guru ngaji yang ada di tempat madrasah. Cara orang tua mengenalkan do’a-do’a kepada anak mulai do’a yang mudah-mudah dulu seperti do’a mau makan, sesudah makan, mau tidur, bangun tidur, dan lain-lain. Dengan mengajarkan anaknya bersedekah dengan ikhlas, memberikan sesuatu yang bermanfaat kepada orang yang lebih membutuhkan dan masih banyak lagi.

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama