Siasat Lulus UN Sosiologi 2011

Siasat Lulus UN Sosiologi 2011

Tadi pagi saya mengisi jam tambahan sosiologi di kelas xii ips 2 smapa. Sempat sebelum masuk saya ditegur salah satu siswa kelas xii ips 1 smapa, karena kemarin saya benar-benar lupa mengisi jam tambahan di kelas itu. Tentu saya langsung melempar senyum, mengklarivikasi, dan mohon maaf.

Pagi tadi saya memberi materi tentang strategi membuat soal un sosiologi. Materi ini saya pandang penting, karena siswa hingga saat ini hanya diberi materi sosiologi, tidak diberi ilmu tentang bagaimana membuat materi.Materi ini saya pandang penting, karena membangun mental siswa untuk berfikir satu langkah lebih maju. Jika siswa sekolah lain hanya bekajar materi, saya harap siswa smapa selain selesai dalam materi, juga menguasai teknik dan skenario pembuatan soal. Tentu ilmu yang saya sampaikan tadi pagi tidak pakem. Ilmu tadi pagi tidak ada buku referensinya. Tapi saya bela-belain belajar semalem suntuk dan bangun jam empat pagi untuk meneruskan bagaimana belajar membuat soal un sosiologi.

Sehari sebelumnya saya dapat dua lembar hasil statistik ketuntatasan siswa ips smapa tahun kemarin, yang isinya tentang kemampuan yang diujikan dalam pelajaran sosiologi. Dua lembar itu isinya tentang ketercapaian siswa dalam menyelesaikan soal yang jumlahnya 50 butir dengan kode soal A dan kode soal B. Lembaran tersebut saya dapatkan dari bu in yang telah mengikuti bedah skl un sosiologi dengan para guru se kabupaten rembang dengan pendamping dosen dari UNNES yang kebetulan dosen tersebut adalah dosen penguji skripsi saya saat di UNNES dahulu kala. Lembaran ini telah saya bagikan pada siswa kelas xi ips 2 smapa. Kepada yang berkenan, silahkan meminjam atau menghubungi pihak kurikulum smapa. Berikut beberapa langkah yang sempat saya sampaikan pagi tadi tentang siasat membuat soal UN sosiologi. Langkah-langkah ini hanya sebatas informasi yang kebenarannya belum dapat dipertanggungjawabkan. Berikut ulasan singkatnya.

Langkah-langkah mahir menyusun soal UN Sosiologi 2011
  1. memiliki SKL yang berlaku yang isinya tentang kemampuan yang diujikan sejumlah 50 butir soal dengan kode A dan kode B. Untuk SKL silahkan buka link ini http://sosiologismapa.blogspot.com/2011/01/skl-sosiologi-20102011.html. Soal dengan Kode A dan Kode B memiliki kesamaan akan kemampuan yang diujikan, namun setiap soal dibuat dengan deskripsi dan pilihan jawaban yang berbeda. Selanjutnya untuk kemampuan yang di ujikan pada kode soal A dan B dapat dilihat pada link ini http://sosiologismapa.blogspot.com/2011/01/kemampuan-yang-di-ujikan.html.
  2. memiliki materi sosiologi kelas x, xi, dan xii baik dalam bentuk buku catatan, buku paket, lks, dan berbagai sumber relevan lainnya.
  3. memiliki soal UN sosiologi minimal tiga tahun terakhir (tahun 2010, 2009, dan 2008).
  4. mencocokkan kemampuan yang diujikan dengan materi yang dimikili.
  5. melihat kata kerja pada setiap kemampuan yang dimiliki. berdasarkan data yang telah saya lihat, beberapa kata perintah (kata awal) dalam kemampuan yang diujikan diantaranya; mengidentifikasi, menjelaskan, menganalisis, menginterpretasi, dan lain-lain. kata perintah ini juga sama persis dengan apa yang ada pada SK (Standar Kompetensi) dan KD (Kompetensi Dasar) dalam silabus sosiologi. 
  6. mencari arti dari kata perintah tersebut dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) atau lihat arti dari kamus online misalnya http://pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi/. ketik saja kata kunci tersebut agar anda jelas apa yang dimaksud dari kemampauan yang diujikan.
  7. menguasai materi pada setiap kemampuan yang diujikan. misalnya kemampuan yang diujikan "mengidentifikasi mobilitas sosial pada masyarakat majmuk seperti contoh yang disajikan". misalya setelah dilacak materi tentang mobilitas sosial dalam masyarakat majmuk yaitu mobilitas sosial vertikal dan mobilitas sosial horizontal, dan campuran. materi jenis-jenis mobilitas harus dikuasai beserta contoh-contohnya. teknik ini juga berlaku untuk semua materi yang ada pada kemampuan yang diujikan.
  8.  langkah selanjutnya yaitu anda mencoba untuk membuat suatu deskripsi yang pedomannya pada kemampuan yang diujikan. jika kemampuan yang diujikan itu berbunyi "mengidentifikasi mobilitas sosial pada masyarakat majmuk seperti contoh yang disajikan", maka anda perlu mencoba membuat soal yang isinya tentang deskripsi mobilitas sosial (soal cerita yang memuat jenis-jenis mobilitas sosial). untuk melihat contoh yang lebih gamblang, silahkan kroscek antara lembar kemampuan yang diujikan pada salah salah satu kode soal (misalnya Kode Soal A) dengan soal UN sosiologi kemarin.membuat soal deskripsi ini dapat dilakukan sendiri, dalam setiap kemampuan yang diujikan minimal ada tiga kategori soal, yaitu soal kesulitan tinggi, soal dengan tingkat kesulitan sedang, dan kesulitan rendah.
  9. dalam membuat soal tersebut, anda perlu memperhatikan isu-isu sosial terkini. siswa ips jangan enggan untuk melihat berita di tv, di koran, dan di internet misalnya berita di yahoo dan di google. (bagian tentang trend isu-isu sosial terkini ini, insyaallah akan saya tulis dalam artikel khusus pada kesempatan dan laman lain)
  10. lakukan perbandingan soal yang anda buat dengan soal UN sosiologi dalam tiga tahun terakhir.  bagaimana hasilnya.
  11. ujicobakan dengan teman-teman anda sekelas atau lintas sekolah. terlebih anda membuat kelompok diskusi soal un sosiologi. kelompok diskusi ini akan membantu anda. tentu kelompok tersebut dengan pendampingan guru sosiologi. jika telah diujicobakan, bagaimana respon dan tanggapan teman anda tentang soal yang anda buat. berbuatlah saling menukarkan soal sosiologi yang anda buat dengan teman-teman anda.
  12. tidak ada salahnya teknik ini anda gunakan pada mata pelajaran selain sosiologi, misalnya pada mata pelajaran geografi dan ekonomi (ilmu serumpun dalam ilmu-ilmu sosial). 
 Demikian artikel sederhana yang mengulas tentang siasat lulus UN sosiologi 2011. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pendidikan bangsa Indonesia dan siswa SMAPA jurusan IPS. Terimakasih.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama