Yuk ... Belajar di Perpustakaan

Yuk ... Belajar di Perpustakaan

"Di Perpustakaan itu sangat nyamana untuk belajar dan banyak buku-buku yang dapat kita baca. Selain itu kita juga, bisa meminjam buku-bukunya untuk dibaca di rumah", ungkap Saniatin Nafisah siswa kelas X8 SMA Negeri 1 Pamotan. 


Hari ini saya dan anak-anak kelas X8 belajar sosiologi di Perpustakaan smapa. Saya dan anak-anak merasa sejajar ketika masuk di perpustakaan. Bagaimana tidak, seolah-olah saya tidak bisa apa-apa ketika melihat banyak buku bacaaan baru yang lebih menarik dan asyik untuk dibaca.

Siswa SMA Negeri 1 Pamotan kelas X sedang asyik membaca buku sosiologi di Perputakaan

Kali ini saya mengajak siswa-siswi belajar ke perputakaan lebih awal dari biasanya. Jika saat istirahat para siswa baru berkunjung ke perpus, kali ini beda. Kegiatan pembelajaran saya padukan dengan kunjungan perpustakaan.

Teknik yang saya gunakan dalam pembelajaran kali ini adalah dengan pendekatan pembelajaran berbasis kunjungan lapangan. Tentu sebelum ke perpus, saya harus memberi rambu-rambu tentang etika membaca, teknik membaca, cara membaca singkat, penyusunan laporan diri, dan teknik penggunaan media elektronik dan media sosial.

Proses pembelajaran kami relatif mengena. Anak-anak semangat sekali ketika diajak ke perputakaan. Apalagi dalam proses pembelajaran saya perbolehkan menggunakan hp kamera. Tampak sekilas semua anak langsung pegang buku diperpus. Dan hal ritual yang tidak ditinggalkan adalah mereka langsung poto selfie dengan memegang buku sosiologi.

Inilah salah satu siswa yang langsung minta difoto temannya

Tidak hanya membaca dan foto selfie saja, anak-anak ternyata langsung menyerbu layanan pinjam buku. Mereka tampaknya lebih piawai dalam hal strategi belajar. Dengan meminjam buku, mereka bisa membacanya di rumah masing-masing.

Layanan peminjaman buku yang langsung diserbu para siswa

Mari belajar diperputakaan. Karena dengan belajar di perpustakaan, kita dapat mendapat banyak ilmu. Mebaca, bersikusi bersama-sama, dan bisa foto selfie juga.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama