Kunjungan Belajar di Perpustakaan

Kunjungan Belajar di Perpustakaan


Penulis: Siti Hajar (Doc.2016)
Pembelajaran yang menyenangkan dan di tempat tempat yang mengayikkan itu juga mempengaruhi siswa. Kali ini tepatnya hari Kamis 18 Februari 2016 kami kelas X6 diajak oleh pak Suhadi guru sosiologi  berkunjung ke perpustakaan yang ada di sekolah kita, SMA 1 Pamotan.

Ketika kita masuk, perpustakaan sepi pengunjung. Karena semua siswa beserta guru sedang melaksanakan kegiatan belajar di kelas masing-masing. Hanya ada seorang wanita cantik yang duduk sendirian di tempat penjaga perpustakaan, . Saat itu kita berkunjung ke perpustakaan mulai dari jam 5-6. Dengan kedatangan kita akhirnya perpustakaan ramai (banyak pengunjung). Buku-buku yang terlihat begitu rapi di rak buku menambah pemandangan yang ennak dilihat mata. Dengan membaca pengetahuan kita akan bertambah.

Sesampai di perpustakaan siswa langsung menuju ke tempat untuk mengisi daftar kunjungan terlebih dahulu. Mereka sangat tertib. Siswa yang telah mengisi buku mengambil tempat duduk untuk menunggu temannya dan penjelasan dari si guru.

“selamat siang,” sapa pak Suhadi.
“siang,” jawab kita serentak.
“kita disini nanti untuk belajar. Kalian nanti bisa mencari buku yang sesuai dengan materi kita saat ini. Kemudian kalian baca. Setelah waktu habis kalian memiliki tugas di rumah yaitu untuk membuat Laporan Kunjungan Perpustakaan,” jelasnya. Siswa saat itu hanya diam saja.

“apa ada pertanyaan?” tanyanya.
“ngerjainnya diketik atau di tulis? Dan dikumpulkan kapan?” tanya salah satu siswa.
“terserah kalian mau diketik atau ditulis. Kalau diketik nanti bisa dikirim ke email kunjunganlapangan@gmail.com dan paling lambat besok (hari jumat 19 Februari  2016),” jawabnya sambil menjelaskannya.

Penjelasan cukup dimengerti oleh siswa. Seluruh siswa kemudian langsung meletakkan buku dan mengambil hp untuk memfoto apa yang sudah diperintahkan. Selain foto materi mereka juga foto selfie bersama teman-teman mereke. Waktu tinggal 15 menit digunakan siswa pergi ke petugas perpustakaan untuk peminjaman buku.

Suasana Belajar di Perpustakan SMA Negeri 1 Pamotan 
(Doc. Sinematografismapa, 2016)
Kita di perpustakaan membaca buku pelajaran Sosiologi yang berkaitan dengan materi yang di sampaikan “Proses Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian.” Buku yang memiliki sampul yang berwarna dan banyak gambar didalamnya membuat kita tertarik untuk membaca. Buku yang disusun oleh Idianto Muin dengan editor Maya Yulianti dan Diyah Ruci B.R.M. Erlangga merupakan perusahaan yang telah menerbitkan buku ini “SOSIOLOGI SMA/MA untuk kelas X” ktsp2006  Selain itu kita juga bisa membaca buku yang lain. Seperti buku yang diterbitkan yudistira.

Karena materi kita saat itu tentang Proses Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian maka kita hanya membuka bab tersebut dan membacanya. Dalam bab tersebut kita dapat mengetahui tahap-tahap sosialisasi, agen sosialisasi, jenis sosialisasi, dan faktor-faktor yang memengaruhi sosialisasi. Selain itu kita juga dapat mempelajari tentang kepribadian yang meliputi susunan dan faktor-faktor kepribadian. Dan masih satu lagi yaitu tentang kebudayaandan pengaruhnya terhadap kepribadian.

Aku sangat terkesan sekali dengan perpustakaan yang dimiliki SMA 1 Pamotan yang begitu nyaman dan bersih. Selain itu juga dengan petugasnya yang ramah dan baik hati membuat kita selalu ingin ke perpustakaan. Dengan adanya pembelajaran tersebut aku berharap siswa lebih aktif belajar dengan tidak hanya mengandalkan penjelasan dari guru saja tapi juga bisa belajar sendiri di perpustakaan dengan membaca buku-buku yang ada.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama