Kegiatan Kepahlawaan Komunitas Rumah Baca Pamotan

Kegiatan Kepahlawaan Komunitas Rumah Baca Pamotan

Pahlawan merupakan status sosial tinggi yang diberikan anggota masyarakat karena pikiran, sikap, dan tindakannya hanya untuk kepentingan bangsa dan negaranya. Karena jasa yang mulia itulah, para pahlawan yang telah gugur selalu diperingati dengan kegiatan Hari Pahlawan.

Dalam setiap peringatan Hari Pahlawan, tujuan yang diharapkan agar para generasi muda selalu meniru perbuatan mulia dari para pahlawan. Sehingga peringatan Hari Pahlawan mampu mendorong lahirnya semangat kepahlawan para generasi muda dalam rangka berbakti kepada bangsa dan negara.

Dalam rangka mendorong lahirnya semangat kepahlawanan para generasi muda, menurut kami, perlu dilakukan kegiatan sosial yang mampu mentransformasikan nilai-nilai kepahlawanan kepada generasi muda. Dua hal yang menurut kami penting untuk diperhatikan generasi muda saat ini adalah mencetak generasi muda yang cinta terhadap kesenian daerah serta peka terhadap anak-anak yatim. Hubungan dari dua hal tersebut terhadap nilai-nilai-nilai kepahlawanan adalah sebagai berikut.

Kesenian daerah merupakan produk seni yang memiliki karakter sosial yang kental dengan harapan masa depan. Ekspresi seni yang ditunjukkan dapat dilihat pada nada, syair, dan gerakan yang penuh dengan harapan. Sehingga para pemilik dan penikmat seni kedaerahan selalu memiliki harapan masa depan yang diekspresikan. Salah satu kesenian daerah yang dimiliki masyarakat adalah seni keroncong. Seni musik asli milik masyarakat ini banyak memiliki semangat hidup masa depan yang diimpikan. Hal ini dapat dilihat dari fungsi seni keroncong yang mampu mencukupi kebutuhan senang, tenang, dan nyaman ketika diperdengarkan. Selain itu juga, beragam syair masa depan hidup yang mulia yang diimpikan. Syair lagu keroncong yang penuh dengan harapan masa depan yang baik diantaranya lagu keroncong yang berjudul leleledung, yen ing tawang ono lintang, dan yang lainnya. Dengan demikian, maka kesenian tradisional keroncong dapat dijadikan sebagai media dalam mencetak generasi muda yang memiliki karakter kepahlawanan.

Selanjutnya hubungan kepekaan terhadap anak yatim dengan nilai-nilai kepahlawanan adalah sebagai berikut. Anak yatim merupakan anak yang memiliki keterbatasan dalam hal masa depan karena ketiadaan orang tua. Ketiadaan orang tua inilah telah mempengaruhi pencukupan kebutuhan dasar anak untuk mencapai kualitas hidup. Agar para anak yatim tersebut mendapatkan hak dasarnya, meliputi hak ekonomi, hak pendidikan, dan hak kesehatan, perlu digerakkan kepekaan terhadap anak yatim. Wujud kepekaan terhadap anak yatim dapat dimuwudkan dengan kegiatan menyantuni anak yatim. Dengan menyantuni anak yatim maka masa depan hidup anak yatim akan lebih baik. Dengan demikian, maka kegiatan menyantuni anak yaotm dapat dijadikan media mencetak generasi muda yang memiliki kerakter kepahlawan.

Berdasarkan pandangan di atas, maka dengan ini, Komunitas Rumah Baca Pamotan akan mengadakan kegiatan Peringatan Hari Pahlawan dengan kegiatan Pentas Seni Keroncong dan Penyantuan Anak Yatim.

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 08 November 2014 pukul20.00 s.d 24.00 wib hingga selesai bertempat di Komunitas Rumah Baca Pamotan. 

cp; MUHAMAD TOHIR 
Phone. +6282324073263
fb: https://www.facebook.com/thoyenk.obick?fref=ts

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama